Trik Beriklan di Facebook Agar Terjadi Konversi

Leave a Comment
Kita beriklan tujuannya untuk menjual produk. Tapi tentunya harus ada hasilnya agar kita tidak merugi. Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah perhatikan seberapa powerfull Facebook menjaring perhatian.

Contoh: 100rb bisa dapat 500 unique visitor (hal ini bisa bervariasi).

Jadi dengan biaya 100rb kita harus bisa menjual produk dengan tingkat keuntungan 100rb atau lebih! Mudah bukan? Keluar 100rb harus untung minimal 100rb!

Nah... masalahnya adalah:

1. Produk apa yang sekali jual bisa mendatangkan keuntungan minimal 100rb?
2. Dari 500 unique visitor tsb berapa yg mau membeli?

Jawabannya menurut ane adalah:

1. Produk smartphone, tas kulit, jaket kulit, sepatu kulit, peralatan berat, dll yg besar-besar.

2. Coba kita terapkan prinsip CTR:

CTR itu sebenarnya berasal dari dunia iklan, yg gunanya untuk mengukur keefektifan iklan, misalnya dari 1000 kali penayangan iklan, iklan tsb di klik 1 kali berarti CTR nya 0,1%

Iklan FB Ads 100rb itu pengalaman ane bisa menghasilkan 300.000 tayangan dan dari 300.000 tayangan menghasilkan 500 kunjungan (unique visitor). Artinya CTR FB Ads = 500/300.000 = 0,16%

Jadi kita mau menerapkan ide ini ke perhitungan kita.

Nah berapa rata-rata CTR di dunia saat ini? Saat tulisan ini ditulis, menurut Infolinks 0,1%, menurut DoubleClick 0,19%. Kita ambil rata2 saja 0,14%

Jadi 500 unique visitor x 0,14% = 0,7 orang! Ga sampai 1 orang!

Jadi kesimpulannya kita harus mendapatkan 1000an unique visitor! untuk jadi 1 pembeli.

Jika 1000 unique visitor artinya kita harus mengeluarkan uang 200rb untuk Facebook Ads.

Nah karena kita keluar uang 200rb, maka kita harus untung 200rb untuk 1 produk tsb.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment