Tips Menaikkan Pendapatan Iklan

Leave a Comment
Sebelum mengetahui tips cara menaikkan pendapatan iklan di internet, perlu diketahui faktor-faktor seseorang mau mengeklik iklan. Berikut adalah faktor-faktor seseorang mau mengklik sebuah iklan di internet berdasarkan pengalaman ane dan studi yang dilakukan oleh orang lain:

Faktornya:


  1. Iklan yang mendekati artikel
  2. Iklan yang menyerupai artikel (text-ads & unit links-ads)
  3. Iklan yang lebar dan besar (338x250, 300x600)
  4. Iklan interaktif (flash, flash + video)
  5. Iklan yang relatif sesuai dengan content
  6. Iklan yang bombastis (diskon 90%)
  7. Iklan yang viral (contoh iklan Moto G)
  8. Iklan yang elegan, simple, dan tidak membosankan (contoh iklan SSL cheap)


Faktor lain:


  1. Menurut sebuah penelitan, orang enggan mengklik iklan kalau tampilan website dan iklannya berantakan. Oleh karena itu rapikan tampilan websitenya dan cukup pasang max 3 - 6 iklan yg rapi di website.
  2. Menurut penelitian yang dilakukan oleh comScore, ada yg namanya Born-to-click person. Yaitu seseorang yg hobi berselancar di internet dan gemar mengklik tanpa alasan sedikitpun, pokoknya klik dan klik saja! Celakanya, menurut penelitian tsb sekelompok orang ini menguasai 70% lebih jumlah klik iklan di internet! Ini adalah berita yang sangat buruk bagi para pengiklan dan agak buruk bagi penerbit iklan.


Yang bisa ente lakuin

Poin 1 - 3 bisa dikendalikan oleh si penerbit iklan / blogger

Poin 4 - 8 dikendalikan oleh ad server (Adsense, Media.net dll) namun bisa diakali dengan memblok iklan yang membosankan. Caranya klik iklan yg membosankan tersebut lalu catat linknya.

Pengalaman ane

Pengalaman ane, melakukan point 1,2,3, dan memblok iklan yg membosankan bisa menaikkan pendapatan dari rata-rata 0,8 USD / day menjadi 1,8 USD / day atau naik 100% lebih!

Masih ada satu lagi yaitu iklan floating. Sayangnya iklan floating ini hanya boleh dilakukan oleh provider tertentu (misal DoubleClick) jadi ente harus baca peraturannya dulu. Ane belum pernah nyoba iklan floating, namun perkiraan ane bisa menaikkan dari 1,8 USD /day menjadi 2,5 USD /day.

Masalah UC Browser (Indonesia dan mungkin juga negara berkembang lainnya)

Dewasa ini orang mulai sering menggunakan browser mobile, sebagai negara berkembang, kualitas rata-rata sambungan internet kurang cepat, oleh karena itu banyak orang menggunakan browser yang mampu mempercepat (sebenarnya mengkompress data) sambungan internet. Salah satu diantaranya adalah UC Browser. Masalahnya UC Browser saat ini secara default memblokir iklan!

Lalu apa solusinya?

Bisa saja kita memblok trafik dari UC Browser dengan mengatakan your browser is not supported. Namun hal ini beresiko akan menurunkan pengunjung dan brand website ente....


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment