Cara Mengatasi Transparent DNS Proxy tanpa Proxy/SSH/VPN

3 comments
Ente tahu Nawala? Internet Positif? Internet Sehat? Itu adalah beberapa contoh penerapan Transparent DNS Proxy. Begini penjelasannya:

Sambungan internet tanpa hambatan:

Ente > DNS Server ISP > Internet

Sambungan internet dengan Transparent DNS Proxy:

Ente > DNS Server ISP + Transparent DNS Proxy > Internet

Nah, jadi peran Transparent DNS Proxy disini adalah memfilter (baca: mensensor) domain-domain tertentu dan menampilkan pesan error apabila ente mengaksesnya.

Untungnya metode Transparent DNS Proxy kebanyakan hanya memfilter nama domainnya saja, tapi tidak dengan IP nya. Jadi logikanya kalau ente tahu IP address sebuah situs, maka ente tidak akan kena filter!

Namun ente tidak bisa begitu saja memasukkan IP address ke browser ente. Mengapa? Karena tidak semua admin website mengijinkan atau mendesain websitenya bisa dibaca melalui IP address. Yg diijinkan adalah koneksi dari protokol ke protokol.

Cara Mengatasi


Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya sederhana, primitif namun efektif, yaitu merekam IP yang kita target ke dalam komputer kita! Jadi alurnya begini:

Ente > rekaman IP > Internet

Nah, disini ISP ente akan melihat bahwa ente tidak meminta bantuan DNS Server namun langsung membidik IP address. Karena IP address tidak difilter, maka ente diijinkan untuk mengaksesnya!

Praktek


1. Buka tejji.com/ip/url-to-ip-address.aspx
2. Isi kolom Enter URL dengan, misal ihikihik.com lalu klik tombol Convert to IP
3. Copy IP ihikihik.com yg tertera di layar, misal: 198.192.198.192
4. Buka file hosts dgn notepad/writer (Ada di C:/Windows/system32/drivers/etc/hosts ) Bagi Windows 8 harap dibuka dengan mode Run as Administrator, caranya lewat mode tablet, cari Notepad, klik kanan, Run as Administrator, File > Open > cari file hosts
5. Pada baris terakhir masukkan IP yg dicopy tadi seperti ini:

198.192.198.192 ihikihik.com
198.192.198.192 www.ihikihik.com

6. Simpan
7. Buka Command Prompt (Run > ketik: cmd)
8. Ketik: ipconfig /flushdns
9, Selesai, coba akses ihikihik.com lewat browser kamu

Nah, setiap kamu mendapatkan IP baru, selalu lakukan ipconfig /flushdns, karena kalau tidak akan gagal.

Contoh isi file HOSTS


Buat yang ga ingin capek-capek nyari, silakan ke sini: http://pastebin.com/cuwn5SWG
Buat latihan, coba elo cari IP Address nya krucil.com lalu tambahkan di list tersebut

Gue masih pusing coy, ada cara lain ga?


Elu buka aja situs nya pake mobile. Pake Opera Mini, UCBrowser Mini, Opera Mobile with Turbo, UCBrowser with Turbo, Google Chrome with Bandwidth Management On. Yg paling mantep adalah Google Chrome dengan mode Bandwidth Management.


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

3 comments:

  1. terima kasih atas tutorialnya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. yg metode edit file host kok d ane ga bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu ane Telkomsel gak bisa karena Telkomsel ngeblok sampai ke IP, ganti provider aja atau pake VPN

      Delete