Eksperimen dengan Kipas Laptop

Leave a Comment
Kipas A-Note Axioo Zyrex

Ok, laptop ane A-Note, satu jenis dengan Axioo dan Zyrex. Saat ini kipas laptop ane berisik. Kata teknisi laptop itu kipasnya udah turun (longgar kali) jadi akhirnya bergesekan dengan body disekitar kipas. Ane udah kasih minyak tetap ga ngaruh. Karena faktor longgar itu tadi. Bayangin ente punya kipas angin tua yang udah oleng kayak mau copot. Nah itu yang dimaksud turun tadi.


Anyway berikut eksperimen yang sudah ane lakuin:
(spek laptop Core2Duo T7500 Merom, suhu normal 55' Celcius, suhu max 100'C, install CoreTemp 1.0 RC3 dengan overheat protection autoshutdown pada suhu 100'C)

1. Copot cover, taruh laptop di antara dua buku: suhu 55 'C, jika muter film H.264 720p suhu naik jadi 80'C, muter 1080p suhu naik ke 96'C sd suhu max 100'C, apa bila suhu max tercapai maka CoreTemp menawarkan dialog apakah mau dishutdown, atau delay 60 detik lagi. Ane seringnya pilih delay :) - sebagai info processor ane belum built-in H.264 decoder dan VGA ane SiS onboard gak support H.264.


2. Copot kipas: baru beberapa detik laptop mati, padahal belum sampai suhu max, kesimpulannya motherboard yang ambil alih kendali dan langsung mematikan laptop. Dugaan ane, BIOS mewajibkan adanya kipas, mendetek ada kipas atau tidak, kalau tidak ada, laptop beberapa detik langsung mati.

3. Karena butuh kipas, maka kipas ane belit dengan benang nilon supaya ga berisik: baru beberapa menit laptop mati, sukses masuk Windows 7, tak lama kemudian langsung mati begitu menyentuh 100'C, padahal biasanya ada dialog dari CoreTemp apakah mau dishutdown atau delay 60 detik. Ane menduga BIOS mendetek kipas, tapi menganggap kipas rusak, yang sepengetahuan ane, hambatan kipas meninggi memancing aliran listrik ke kipas meninggi pula, mungkin BIOS mendeteksi peningkatan aliran listrik ini. CMIIW

Nah, itu yang semua pernah ane lakuin, kipas masih berisik. Mau beli kipas bekas, ternyata mahal waktu itu 125rb. Padahal ane pernah nanya di toko komputer pinggir jalan cuma 30rb. Malahan ane liat di kaskus, kipas VGA tapi, baru pula, harganya cuma 15rb. Kok bisa jauh banget harganya????

Update:
Ternyata ane menemukan solusi yang sangat sederhana dan murah meriah! Apa itu? Yaitu dengan mencopot kipasnya dan membiarkannya tergeletak di meja! Suara berisiknya sekarang benar-benar berkurang!!


Update lagi:
Cara diatas efektif namunnnnn bisa bikin kabel putus dari kipasnya. T-T. Putus di bagian kipas yg solderan itu. Bagi Anda yang mencoba teknik ini sebaiknya pastikan kipas yang tergeletak tidak terlalu jauh posisinya dengan badan laptop. Mungkin bisa diatasi dengan kipas di alasi dengan buku atau sejenisnya.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment